Tips Mudah Untuk Merawat Berbagai Furniture Material Kayu

Furniture kayu memerlukan perawatan khusus agar tetap kuat dan tahan lama. Hal ini berbeda dengan furniture logam yang relatif tahan lama karena tidak terpengaruh dengan kondisi lingkungan. Karena itu, cara merawat furniture kayu jati menjadi lebih khusus dibandingkan dengan furniture lainnya.

Apakah Anda termasuk salah satu yang lebih menyukai furniture kayu sebagai perabotan rumah Anda? Bagaimana perawatan yang sudah pernah Anda lakukan? Atau Anda hanya sekedar langsung menggantinya apabila sudah tampak tidak bagus lagi?

Tips Perawatan Furniture Kayu

Bagaimana cara merawata furniture kayu di rumah agar tetap kuat dan tahan lama? Ternyata diperlukan cara tertentu karena bahan kayu lebih rentan terpengaruh oleh lingkungan. Bahkan hanya sekedar terkena suhu panas saja akan ada dampaknya. Namun untuk mengantisipasinya, simak tips perawatan furniture kayu berikut ini.

1. Oleskan Pelapis Kayu

Bahan kayu memang merupakan salah satu bahan yang tampak indah untuk digunakan atau sekedar diletakkan saja. Warna kayu yang natural akan lebih bagus dan terawat apabila dioleskan dengan cairan pelapis kayu. Selain agar tampak indah, cairan pelapis kayu juga dapat melindungi agar kayu tetap awet.

Cairan pelapis kayu untuk perabotan atau furniture akan menutupi lapisan paling luar dari bahan kayu sehingga membuat perabotan tidak cepat terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Apalagi jika terdapat kondisi ekstrim, cairan pelapis kayu akan mencegah agar bahan material kayu tidak cepat rusak.

2. Bersihkan Secara Berkala

Cairan Pelapis Kayu, sumber Custom Mebel
Cairan Pelapis Kayu, sumber Custom Mebel


Selain pengaruh lingkungan, perabotan kayu juga akan terdampak dari sentuhan langsung baik dengan berbagai benda atau dengan sentuhan tangan. Bahkan hanya sekedar debu yang menempel pada furniture kayu dapat memberikan dampak apabila tidak segera dibersihkan. Karena itu jaga kebersihan perabotan kayu Anda.

Beberapa furniture yang rentan kotor atau tersentuh oleh berbagai benda salah satunya adalah meja kayu jati. Bisa saja tertumpah oleh makanan, debu, sentuhan dengan berbagai benda serta hal lain yang sejenisnya dapat berdampak apabila tidak segera dibersihkan. Maka, bersihkan furniture kayu Anda secara rutin.

3. Segera Perbaiki Saat Rusak

Bahan kayu sebenarnya bukanlah material yang cepat patah. Namun satu retakan kecil dapat menyebabkan kerusakan besar apabila dibiarkan dalam waktu lama. Karena itu, periksa secara rutin furniture kayu Anda untuk memperhatikan apakah terdapat kerusakan atau tidak.

Apabila terdapat retak misalnya, segera tutupi retak tersebut menggunakan material lain atau pelapis atau bahkan sekedar penutup retak yang cocok untuk digunakan. Dengan begitu retakan tersebut tidak meluas dan menyebabkan kerusakan pada furniture hingga tidak dapat digunakan lagi.

4. Letakkan di Lingkungan Non Ekstrim

Ketahanan material kayu pada lingkungan tidaklah sama dengan ketahanan pepohonan yang dapat awet hingga berpuluh tahun lamanya. Material kayu tidak dapat tumbuh lagi apabila terdapat kerusakan pada bagiannya. Inilah alasan untuk menghindarkan furniture kayu agar tidak diletakkan pada lingkungan yang ekstrim.

Salah satu contoh lingkungan ekstrim yang patut dihindari furniture kayu adalah di bawah sinar matahari langsung dan lingkungan yang basah. Furniture kayu yang diletakkan di bawah sinar matahari secara langsung akan mengakibatkan kelembapan material yang berkurang sehingga akan mudah rusak. Sedangkan pada lingkungan yang basah, material kayu akan rentan berjamur dan berlumut.

Interior Kayu, sumber Ruang Arsitek
Interior Kayu, sumber Ruang Arsitek


5. Hindarkan dari Benturan

Berbeda dengan material logam pada furniture, material kayu tidak kuat terhadap benturan keras terkecuali jenis kayu yang kuat seperti furniture kayu jati. Selain itu, jika pada material logam penyok akibat benturan dapat diperbaiki, sedangkan pada material kayu biasanya benturan yang merusak hampir tidak dapat diperbaiki.

Meskipun untuk meja kayu jati misalnya, yang merupakan bahan kayu yang kuat dan dapat diletakkan berbagai macam beban di atasnya namun tidak ada salahnya untuk tidak membenturkannya. Melainkan meletakkan dengan baik tanpa benturan. Karena benturan akan memicu kerusakan pada material kayu.

6. Gunakan Pembersih yang Aman

Tidak semua alat dan cairan pembersih dapat digunakan pada material kayu. Terdapat alat yang cocok dan tidak merusak dan cairan pembersih yang aman tidak memicu reaksi pada bahan kayu. Nah, gunakanlah material yang semacam ini.

Pada dasarnya, furniture kayu dapat dibersihkan dengan lap kain katun saja. Namun terkadang ada debu, kotoran, atau jamur di furniture kayu tidak terangkat dengan baik karena terselip di antara celah. Gunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian tersebut.

7. Membersihkan dari Noda

Untuk membersihkan noda pada material kayu yang lengket, terdapat cara yang khusus. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari. Alternatif lain adalah dengan membakar biji kemiri hingga minyaknya keluar, lalu usapkan pada noda.

Interior Kayu, sumber Ruang Arsitek
Interior Kayu, sumber Ruang Arsitek


Bezatish Furniture

Bezatish Furniture adalah produsen mebel jati di Jepara. Kami mampu membuat design dan ukuran sesuai permintaan (custom order) dan kami juga membuat berbagai mebel jati seperti kursi tamu jati, meja makan jati 6 kursi, meja makan minimalis, meja makan jati, dipan tempat tidur jati, dipan minimalis, bufet tv minimalis jati, bufet almari jati, buffet tv, bufet hias jati, lemari jam ukir, bale bale jati, ayunan jati, lemari pakaian minimalis dan masih banyak lainya.

Itu dia ulasan seputar tips membersihakn furniture kayu. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita. Simak terus berbagai ulasan seputar furniture jati di blog Bezatish Furniture.

Posting Komentar