Inilah Berbagai Keunggulan Kayu Jati yang Tidak Terkalahkan

Diantara berbagai jenis furniture, furniture dari bahan alami memiliki keistimewaan tersendiri. Meskipun diperlukan perlakuan khusus dan bisa jadi lebih mahal, namun furniture berbahan kayu tidak tergantikan hingga kini. Salah satu yang perlu diketahui adalah kelebihan kayu jati untuk furniture dari bahan jati.

Keunggulan kayu jati memang sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, furniture atau perabotan yang menggunakan bahan kayu jati menjadi begitu berharga seperti lemari kayu jati misalnya. Apa saja kelebihan dari kayu jati yang harganya dapat melambung tinggi ini? Simak ulasan berikut ini.

Mengenal Kayu Jati

Untuk mengetahui kelebihan kayu jati sebagai bahan furniture, tentu saja dimulai dari mengenal pohonnya secara langsung. Ya, kayu jati didapatkan dari pohon jati yang konon katanya jika berkebun pohon yang satu ini diperlukan aturan khusus harus dipatuhi. Wajar saja jika harganya bisa mahal sekali.

Pohon jati merupakan tanaman yang dapat tumbuh besar dan tingginya dapat mencapai 40 meter. Sedangkan kayu jati yang berasal dari pohon ini dapat digunakan hingga 80 tahun lamanya. Inilah salah satu yang mendasari mahalnya bahan pembuatan furniture yang satu ini. Yaitu awet hingga puluhan tahun lamanya.

Penelitian menunjukan bahwa jati yang tumbuh di Indonesia (Jawa) merupakan jenis asli. Jati di Jawa telah berevolusi sejak puluhan hingga ratusan ribu tahun yang silam. Jati ini mengalami mekanisme adaptasi khusus sesuai dengan keadaan iklim dan edaphis yang berkembang puluhan hingga ratusan ribu tahun sejak zaman quarternary dan pleistocene di asia Tenggara.

Serat Kayu Jati, sumber Bukalapak


Kayu yang didapatkan dari pohon ini dapat dijadikan furniture bahkan material bangunan. Di Masjid-masjid terdapat tiang dari kayu jati yang dapat bertahan hingga puluhan tahun serta tetap kuat tidak pernah roboh. Karena nilainya, negara lainnya seperti Amerika, Afrika dan Australia ikut mengembangkan tanaman ini.

Keunggulan Kayu Jati

Apa kelebihan kayu jati? Mungkin semua orang memiliki pendapatnya masing-masing. Namun kali ini tim redaksi kami mencoba mengumpulkan beragam pendapat seputar keunggulan kayu jati ini untuk Anda. Simak ulasannya di bawah ini.

Kuat Dan Tahan Lama

Sudah banyak orang mengetahui bahwa kualitas kayu jati hampir lebih tinggi dari jenis kayu kain. Kayu jati memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik, hal tersebut dapat dibuktikan dengan jarang sekali kita menjumpai jati kering gampang patah dan pecah, selain itu juga memiliki masa pakai yang cukup lama, bahkan ada beberapa produk jati antik yang memiliki umur ratusan tahun. Jadi jangan ragu untuk membeli perabotan yang terbuat dari bahan tersebut, sebab kualitasnya benar-benar sudah teruji.

Tahan Terhadap Cuaca

Berbagai furniture yang terbuat dari bahan kayu jati dapat diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Karena kayu jati termasuk salah satu bahan yang hampir tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca pada lingkungan. Tidak sebagaimana yang kita temukan pada jenis kayu lainnya yang menjadi lembab atau rapuh akibat perubahan cuaca.

Anti Serangga dan Rayap

Kayu jati tidak hanya tahan terhadap cuaca, tetapi juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap pembusukan, penghancuran rayap, dan kerusakan asam. Minyak alami yang melimpah dari kayu jati dapat mengusir serangga yang tidak diinginkan dan mencegah kelembapan yang merusak struktur kayu. Inilah yang juga menjadi rahasia ketahanan jenis kayu furniture yang satu ini.

Terdapat zat ekstraktif yang disebut tectoquinon, zat penghasil minyak. Zat ini terletak di kayu teras yang terdapat dalam batang pohon jati. Semakin tua umur pohon maka persentase kayu teras makin besar sehingga minyak yang dihasilkan juga semakin banyak. Minyak inilah yang membuat kayu jati menjadi tahan rayap dan jamur. Selain itu, minyak juga dapat membuat tampilan kayu jati menjadi mewah.

Pepohonan Jati, sumber Ayo Budidaya
Pepohonan Jati, sumber Ayo Budidaya


Perawatan yang Mudah

Perabotan luar ruangan dari kayu jati membutuhkan sedikit perawatan meskipun dibiarkan tidak tertutup di luar ruangan. Kayu jati yang dibiarkan menjadi secara alami akan berubah seiring waktu menjadi abu-abu keperakan yang indah dan hanya perlu disikat dan dibersihkan secara umum. Sehingga perawatan berbagai macam perabotan dari bahan ini tergolong mudah.

Estetik dan Mudah Dibuat

Kayu jati dikenal memiliki warna alami serta bentuk serat kayu yang indah. Karena itu pengrajin kayu jati tidak repot untuk mengakali bahan ini agar tampak cantik. Cukup sekedar menampilkan warna asli dan bentuk serat aslinya saja.

Meskipun keras dan kokoh, kayu jati justru mudah dipotong dan dikerjakan. Kayu jati dapat diukir hanya dengan menggunakan tangan saja. Hal inilah yang makin meningkatkan nilai estetis dan harga jualnya.

Tidak Menyusut

Kayu jati selain kuat dan tahan lama juga yang sangat stabil, karena kayu jati kering tidak mudah mengalami penyusutan dan perubahan bentuk dalam istilah pertukangan yaitu "ngulet". Hal tersebut yang membuat kayu jati banyak digunakan dalam industri apapun, baik meubel kayu, seperti kursi, meja, lemari, ranjang, kichen set, tempat tidur dan lain-lain. Ataupun untuk perumahan seperti kusen, daun pintu dan hiasan rumah.

Bernilai Tinggi

Setelah berbagai keunggulan diatas yang dilihat berdasarkan ciri-ciri dari jenis kayu ini, kelebihan kayu jati lainnya adalah nilai atau harganya yang tinggi. Bukan hanya harga jual setelah diproduksi saja, bahkan harga jual kembalinya juga tetap masih tinggi. Karena itu, siapa saja yang memiliki furniture dari bahan kayu jati seperti memiliki kekayaan yang nantinya masih bisa dikonversikan dalam bentuk uang.

Itu dia beberapa kelebihan atau keunggulan kayu jati yang menjadi bahan bagi berbagai furniture. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak terus berbagai ulasan seputar produk furniture jati di blog kami.

Posting Komentar