Desain Kamar Suami Istri untuk Menciptakan Suasana Romantis

Desain Kamar Suami Istri - Banyak dari pasangan suami istri yang sangat menekankan desain interior kamar tidur yang akan mereka tempati. Terlebih lagi, jika mereka adalah pasangan baru. Akan tetapi, apakah desain interior itu hanya berkaitan dengan unsur kenyamanan semata? Atau hanya untuk melewati malam pertama saja?

Tentu saja jawabannya tidak demikian. Sebab, desain kamar suami istri tentu didesain untuk jangka panjang. Hal tersebut khusus untuk kasus rumah sendiri, bukan tempat sewaan. Hal itu dilakukan lebih menekankan pada faktor finansial. Sebab, perubahan interior akan memakan biaya yang cukup banyak, apalagi perubahannya secara total dan sering.

Informasi Seputar Desain Kamar Suami Istri

Kebanyakan kasus, suami istri lebih memprioritaskan kamar untuk anaknya dan di sisi lain mengesampingkan kamar mereka sendiri. Pengerjaan kamar anak tersebut tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bersamaan dengan pengerjaan tersebut ayah dan ibunya menempati kamar seadanya untuk beberapa waktu.

Padahal, desain kamar sangatlah penting untuk mendapatkan ketenangan secara psikologis bagi penghuninya. Bagi Anda yang telah mempunyai pasangan dan berencana untuk mendesain kamar tidur yang memiliki unsur penenang secara psikologis, nyaman dan menarik, kami berikan untuk Anda berikut ini informasi terkait yang dibutuhkan.

1. Kamar sebagai Ruang Privat

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang mempunyai peranan besar dalam sebuah hunian. Bahkan, Anda pasti setuju dengan pandangan bahwa kamar tidur adalah area privat bagi siapa saja yang mendiaminya.

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang mempunyai peranan besar dalam sebuah hunian. Bahkan, Anda pasti setuju dengan pandangan bahwa kamar tidur adalah area privat bagi siapa saja yang mendiaminya.
Tampilan kamar tidur yang nyaman untuk pasangan, sumber: pixabay.com

Semua jenis kamar berdasarkan peruntukannya, baik untuk anak, mertua, orang tua atau kamar tamu dan tentu saja kamar bagi pasangan suami istri haruslah privat dari orang-orang lain yang ada bersama Anda di rumah tersebut, tidak terkecuali anak Anda sendiri.

Sebagai sebuah tempat yang sifatnya privat, maka desain kamar tidur untuk pasangan suami istri tidaklah begitu susah, namun tak jarang yang merasa kesusahan. Sebab, pemilihan konsep desain yang hendak digunakan merupakan kesepakatan kedua belah pihak, suami dan istri.

Namun, hal tersebut akan bisa Anda lalui dengan mudah dan lancarnya, bilamana kondisinya, Anda dan pasangan memiliki selera konseptual yang sama untuk bentuk desain kamar. Misalnya, sama-sama suka dengan desain bernuansa romantis, maka desain tersebut bisa langsung diaplikasikan, tanpa perlu didiskusikan yang terkadang berujung perkelahian.

Baca juga: 5 cara memanfaatkan warna biru muda untuk dekorasi ruangan Anda

Desain yang mengusung tema romantis sangat cocok untuk kamar tidur pasangan, apalagi yang baru menikah dan tentu saja yang sudah lama menikah juga sama saja. Nuansa romantis tersebut bisa menciptakan kehangatan yang pada gilirannya mengokohkan hubungan suami istri.

Jika Anda ingin berkreasi sendiri dalam mendesain kamar tidur sangatlah mudah dan sederhana saja. Anda bisa meletakan foto kenangan saat prosesi pernikahan misalnya atau ketika momen-momen tertentu yang berkesan seperti bulan madu, bersama orang tua, keluarga besar dan jenis pajangan lainnya.

2. Memilih Gradasi Warna Kamar

Pemilihan gradasi atau pengombinasian warna untuk desain kamar suami istri kami katakan memiliki peranan yang cukup signifikan dalam kaitannya menciptakan desain yang sesuai espektasi Anda.

Karena pemilihan warna berpengaruh penting dalam menciptakan kesan tertentu dan mewakilkan mood penghuninya. Anda bisa menggunakan kombinasi warna romantis seperti warna putih, biru, cokelat, kuning atau warna kesukaan suami istri lainnya.

Pemilihan gradasi atau pengombinasian warna untuk desain kamar suami istri kami katakan memiliki peranan yang cukup signifikan dalam kaitannya menciptakan desain yang sesuai espektasi Anda.
Ilustrasi kombinasi warna pada kamar tidur, sumber: pixabay.com

Warna cokelat muda misalnya, mampu memberikan kesan hangat, warna kuning mampu memberikan kesan bahagia dan warna putih mampu memberikan kesan menenangkan. Apalagi jika Anda lebih menyukai warna netral, Anda bisa memilih palet warna putih, warna abu-abu atau warna pastel yang lembut.

3. Memilih Tempat Tidur

Furniture utama pada kamar adalah tempat tidur. Sehingga, tak heran jika Anda dapati kebanyakan orang sering melakukan aktivitasnya di atas tempat tidur. Oleh karenanya, pemilihan tempat tidur perlu memperhatikan unsur akomodatif terhadap kebutuhan Anda.

Sekarang ini ada banyak sekali model tempat tidur dengan desain yang bervariasi. Berkenaan dengan desain kamar yang romantis tadi, Anda perlu memikirkannya dengan serius, yang mana hal yang menjadi pertimbangan utamanya adalah kenyamanan.

Baca juga: Inspirasi ruang belajar menjadi nyaman di rumah

Furniture tempat tidur yang ideal, mempunyai desain yang sesuai dengan selera dan ukuran yang tidak terlalu lebar dan tinggi. Berkaitan dengan ukuran, Anda juga perlu mempertimbangkannya dengan serius, sesuaikan ukuran tempat tidur dengan luas kamar, agar Anda masih bisa memasukan unsur lain dalam kamar tersebut, misalnya saja lemari, meja dan kursi.

4. Tambahkan Kanopi dan Sprei Tempat Tidur

Jika Anda menginginkannya, Anda juga bisa menambahkan kanopi pada tempat tidur sebagai salah satu cara terbaik untuk menampilkan kesan atau suasana yang diinginkan. Anda bisa menambahkan jaring nyamuk untuk lebih menonjolkan kesan yang dimaksud. Keberadaan jaring nyamuk juga membantu Anda terlindungi dari gigitan nyamuk.

Jika Anda menginginkannya, Anda juga bisa menambahkan kanopi pada tempat tidur sebagai salah satu cara terbaik untuk menampilkan kesan atau suasana yang diinginkan. Anda bisa menambahkan jaring nyamuk untuk lebih menonjolkan kesan yang dimaksud. Keberadaan jaring nyamuk juga membantu Anda terlindungi dari gigitan nyamuk.
Tampilan kanopi dan sprei pada tempat tidur, sumber: pixabay.com

Tidak lupa pula, Anda memilih dan menggunakan sprei sesuai dengan warna konsep untuk mendapatkan suasana lebih romantis. Agar tidur Anda terasa nyaman, kami sarankan untuk menggunakan sprei yang terbuat dari bahan satin atau sutra. Untuk motifnya, Anda bebas memilihnya sesuai kesukaan.

5. Gunakan Furniture dan Tentukan Pencahayaan Kamar

Ketika memilih furniture untuk kamar suami istri, umumnya pasangan akan cenderung memilih furniture yang polos atau sederhana untuk mendapatkan suasana yang menarik dilihat bahkan untuk jangka panjang. Meskipun furniture yang digunakan sederhana, Anda tetap bisa menciptakan nuansa romantis, dengan menerapkan beberapa langkah yang telah dijelaskan di muka.

Furniture bermaterial kayu dengan motif lembut berwarna cokelat bisa memberikan kesan romantis nan klasik. Anda bisa mengombinasikan warna pada bagian dinding dengan warna furniture agar terkesan mempunyai keserasian dan kesepaduan. Selain itu, interior kamar tidur harus didesain agar bisa mendapatkan akses pencahayaan terbaik.

Unsur pencahayaan yang tepat pada kamar tidur suami istri sebaiknya menggunakan dua lampu yakni lampu terang dan sedikit redup atau biasa dikenal dengan lampu tidur. Selain itu, Anda juga bisa memilih lampu hias untuk menciptakan tambahan daya tarik dan mempermanis ruangan. Kamar yang temaram merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan suasana relaksasi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah beberapa informasi penting yang berkenaan dengan desain kamar suami istri yang bisa kami paparkan untuk pembaca sekalian. Kami berharap tulisan ini bisa membantu Anda dalam mewujudkan rencana desain kamar tidur Anda.

Posting Komentar